Search This Blog

Saturday 24 October 2015

Mempelajari Bahasa Inggris dengan Mudah


Easy Ways to Learn English

(Belajar Bahasa Inggris melalui Lagu / Film)

Zaman sekarang sudah serba digital, bahasa banyak di gunakan di musik dan film. Sebagai genre musik di belahan dunia, terutama Amerika telah merambah ke indonesia melalui media elektronik seperti televisi, video player dan juga internet. Banyak juga lagu-lagu yang tidak asing ditelinga kita, walaupun belum mengerti banyak tentang makna lirik lagunya.

Di indonesia banyak orang yang tidak berpendidikan tapi tahu dan hafal beberapa kosakata bahasa inggris, but kenapa kita yang sekolah dn berpendidikan malah kalah dengan mereka yang tidak berpendidikan. Sekarang, apakah selama + 12 tahun kalian sudah banyak penonton kosa kata bahasa inggris dan grainmar yang benar?? Pasti banyak dari kalian dan jawabanya “belum”.

Belajar bahasa inggris paling mudah memang tinggal di negara ESL (English as Second Language) tapi, butuh paspor, visa, atau yang lainnya bahkan kurrsus bahasa inggris. Dari pada sulit-sulit lebih baik pakai cara yang asik, enjoy, dan menghibur. Nah, kita mengikuti sebuah pepatah “menyelam sambil minum air”, kita bisa mendengarkan lagu dan menonton film berbahasa inggris. Selain bisa menikmati lagu dan filmnya, kita juga bisa belajar memahami arti dan makna dari lagu dan film tersebut. Asik bukan? Mau tahu? Cari lagu, musik, atau genre lagu yang kalian suka seperti lagunya Jason mars, Maroon s, lady gaga, Bruno Mars, Adele, Justin bieber, one direction, tylor swift dll. Lalu, dengarkan musik atau lirik lagu, dan menulis kosa kata yang belum kalian kenal. Kalau malas nulis kota kata, dengarkan saja lirik lagunya hingga selesai. Pasti ada beberapa kosa kata yang masih kalian ingat. Tulis di selembar kertas. Next, cari arti kosa kata tersebut di kamus atau google translate. Dapat kosa kata baru kan ??

Selain lewat lagu bisa juga nonton film. Enggak kalah asiknya dengan mendengarkan lirik lagu. Saat menonton film dengarkan dan perhatian tiap kalimat (kosakata), lalu secepat kilat geser mata ke teks subtitle atau terjemahan.

Untuk belajar grammar, tonton film inggris seperti pride and prejudice, titanic, (jangan pilih film yang dibintangi Jackie Chan). Untuk belajar komunikasi sehari-hari tonton film Amerika seperti saw and hostel, curious case of benjamin button etc. Kalau sudah banyak mengerti tentang kosakata, pilih film, yang berdurasi panjang seperti This is Sparta.... waw... Terserah kalian dech guys kalau soal pilih pilih film, itu kan sesuai selera kalian guys, yang penting film bermanfaat lho guys .....

Nah, sudah tahu kan? ... nambah ilmu, nambah tonton film, nambah lirik lagu, juga menjadi terhibur. Tak ada salahnya kalau mau mencoba belajar bahasa inggris dengan cara asyik ini. SELAMAT MENCOBA! GOOD LUCK GUYS J

 
Arifatul Azkia

No comments:

Post a Comment