Search This Blog

Sunday 20 November 2016

Karya Tulis Ilmiah (KTI) Nugget Daun Kersen

Potensi Nugget Daun Kersen
sebagai Makanan Sehat Berkualitas
KARYA TULIS
Disusun dalam Rangka mengikuti Ajang Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kudus Tahun 2014




Disusun oleh :
1.    Anggita Adelina X.9
2.    Ferra Septiyani  X.9

SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Jalan AKBP. R. Agil Kusumadya No. 2
Telp (0291) 438939 Kudus



PENGESAHAN

Karya tulis yang berjudul Potensi Nugget Daun Kersen Sebagai Makanan Sehat Berkualitas telah disetujui oleh pembimbing untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kudus tahun 2014.

Kudus, 1 Februari 2014

Guru Pembimbing I                                                  Guru pembimbing II


 Dra. Istiqomah                                               Mahmudah, S.Pd.

Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus


Drs. H. Shodiqun,  M.Ag
NIP. 19590226 198303 1 007

                               



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan lancar.
Tulisan yang berjudul Potensi Nugget Daun Kersen Sebagai Makanan Sehat Berkualitas dimaksudkan untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka ajang Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kudus tahun 2014.
Tulisan ini dapat terselesaikan berkat usaha penulis yang sungguh-sungguh dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.    Drs. H. Shodiqun, M.Ag. Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus
2.    Dra. Istiqomah dan  Mahmudah, S.Pd yang telah memberikan arahan dan bimbingan dalam menyelesaikan tulisan ini.
3.    Semua pihak yang tidak dapat penulis sebut satu persatu.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, kritikdan saran dari pembaca sangat penulis harapkan demi perbaikan tulisan ini. Akhirnya, penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya.


Kudus, 1 Februari 2014

Penulis



ABSTRAKSI
Anggita Adelina, Ferra Septiyani. 2014. Potensi Nugget Daun Kersen Sebagai Makanan Sehat Berkualitas.
Pembimbing Dra. Istiqomah dan Mahmudah, S.Pd.
Kata kunci : Potensi nugget daun kersen sebagai makanan sehat berkualitas.
Di Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi selama ini banyak bahan alam yang sering disia-siakan, salah satunya daun kersen. Padahal sebenarnya daun kersen memiliki berbagai manfaat baik dibidang kesehatan, pangan, maupun dibidang ekonomi.
Rumusan masalah dalam karya tulis ini adalah adakah manfaat daun kersen bagi kesehatan, cara pengolahan menjadi nugget, serta prospek usaha nugget daun kersen. Tujuan menemukan manfaat daun kersen bagi kesehatan, mendeskripsikan pengolahan daun kersen menjadi nugget dan menganalisis prospek usaha nugget daun kersen. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu mendorong generasi muda, masyarakat dan pemerintah untuk menciptakan inovasi baru yang menghasilkan makanan sehat berkualitas yang sekaligus dapat membuka peluang usaha untuk menggerakan ekonomi masyarakat.
Sasaran penelitian ini daun kersen yang akan dibuat makanan sehat berkualitas. Sumber data diperoleh dari data menggunakan studi pustaka dan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik induktif. Hasil dari penelitian ini adalah daun kersen mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan sebagi zat antiseptik, antiinflamasi, antitumor, antidiabetes. Pengolahan daun kersen menjadi nugget memiliki kelebihan dibandingkan nugget daging karena lebih murah, lebih mudah, dan lebih sehat. Peluang usaha nugget daun kersen sangat bagus karena tidak membutuhkan modal besar dan nugget sangan disukai masyarakat.
Adapun dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nugget daun kersen memiliki manfaat dibidang kesehatan, cara pengolahannya yang sederhana, memiliki prospek usaha yang besar.
Saran bagi generasi muda, masyarakat, pemerintah adalah agar meningkatkan inovasi, kreasi, sampai produksi.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................... i
PENGESAHAN ........................................................................ ii
KATA PENGANTAR .................................................................. iii
ABSTRAKSI ............................................................................ iv
DAFTAR ISI ............................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN ............................................................. 1
A.   Latar Belakang Masalah............................................ 1
B.    Rumusan Masalah.................................................... 3
C.   Tujuan Penelitian .................................................... 3
D.   Manfaat Penelitian .................................................. 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA ......................................................... 5
BAB III METODE PENELITIAN .................................................. 11
A.    Sasaran Penelitian ........................................................ 11
B.    Sumber Data ................................................................. 11
C.   Teknik Pengumpulan Data .............................................. 11
D.   Teknik Analisis Data ....................................................... 11
BAB IV PEMBAHASAN .............................................................. 12
A.   Manfaat Daun Kersen bagi Kehidupan ............................... 12
B.    Pengolahan Daun Kersen Menjadi Nugget ......................... 14
C.   Nugget Daun Kersen Sebagai Makanan Sehat dan Obat Penyakit Degenerataif        16
D.   Prospek Ekonomi Nugget Daun Kersen ............................. 18
BAB V PENUTUPAN ................................................................. 20
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Sumber daya alam yang melimpah di negara Indonesia ini, pengelolaannya memang belum efektif. Banyak sumber daya alam Indonesia yang padahal bahan-bahan alam tersebut jika di manfaatkan secara efektif dan tanpa merusak ekosistemnya dapat mengangkat pendapatan perkapita negara. Selain itu, kurangnya ide-ide kreatif untuk mengolah bahan alam tersebut membuat sumber daya alam Indonesia hanya dapat diolah mentah saja. Karena itu, sumber daya alam Indonesia kurang memiliki nilai guna yang tinggi.
Salah satu sumber daya alam yang kurang diolah dengan efektif adalah tanaman kersen. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di Negara Indonesia. Karena banyak masyarakat yang kurang tahu bagaimana mengolah tanaman ini menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Tumbuhan kersen ini hanya menjadi tumbuhan liar yang disia-sia kan. Padahal, dibalik tumbuhan ini yang sering dianggap tanaman “rendahan”.
Kersen mempunyai banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan. Selama ini tanaman kersen yang dikonsumsi hanyalah buahnya saja, khususnya anak-anak yang sering memakannya. Bagian tumbuhan yang lain yaitu daun kersen juga dapat dimanfaatkan sebagai produk makanan yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping bagi yang mengonsumsinya. Daun ini dapat dijadikan makanan yang dapat menjaga dan mencegah tubuh manusia dari berbagai penyakit.
Akhir-akhir ini berbagai penyakit, khususnya penyakit degeneratif banyak diderita masyarakat. Penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi dari organ atau alat tubuh manusia. Sebagian besar penyebab dari penyakit ini adalah pola hidup dan pola makan manusia yang tidak baik. Biasanya penderita penyakit tersebut selalu mengkonsumsi obat-obatan yang sebagian besar berasal dari bahan-bahan kimia untuk mengobati penyakitnya. Walaupun lebih praktis, tetapi obat kimia tersebut juga belum diketahui pasti keasliannya. Masing-masing obat-obatan kimia tersebut mempunyai jangka waktu penyembuhan yang belum tentu terjamin, dan rasanya juga pahit.
Banyak obat tradisional yang sebagian besar mudah untuk ditemukan dari hasil alam, salah satunya adalah daun kersen. Biasanya daun kersen ini hanya diolah dengan cara direbus saja yang jika dikonsumsi secara terus-menerus, rebusan daun ini akan  menimbulkan efek jenuh bagi penderita. Oleh karena itu, penulis mencoba berinovasi dengan mengolah daun kersen menjadi makanan yang tentunya dapat jadi penawar rasa jenuh dan bagi penderita penyakit degeneratif agar lebih tertarik untuk mengonsumsinya sebagai obat alternatif yaitu dalam bentuk nugget.
Nugget yang sekarang beredar di masyarakat adalah makanan cepat saji yang sudah tidak asing dan disukai masyarakat, khususnya anak-anak. Banyak perusahaan besar yang memproduksi berbagai macam nugget. Dari rasa, bentuk, warna yang bervariasi. Akan tetapi sebagian besar masyarakat tidak menyadari bahwa dari berbagai jenis nugget tersebut dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Produk nugget yang dipasarkan terkadang banyak mengandung zat-zat kimia, antaranya adalah perasa, pengawet, pewarna sintetis dan lain-lain. Zat-zat tersebut dapat membahayakan tubuh manusia. Biasanya nugget terbuat dari gilingan daging yang sudah lama diimpor dari luar negeri. Berarti nugget tersebut memang mengandung bahan pengawet. Karena nugget adalah makanan cepat saji, maka bagi konsumen perlu hati-hati dalam memilihnya. Terkadang nugget berasal dari daging yang belum diketahui kehalalannya.
Selama ini sebagian masyarakat menganggap nugget adalah jenis makanan yang sulit untuk dibuat. Oleh karena itu, masyarakat lebih memilih membeli di pasaran, yang belum dipastikan mutu dan kualitasnya. Pemerintah selama ini cenderung mengimpor daging dari luar negeri karena keterbatasan sumber daya alam di negeri ini. Jadi nugget yang berasal dari daging cenderung mahal dan lapisan masyarakat menengah kebawah kesulitan untuk mengonsumsi nugget. Maka sebagian masyarakat memilih cara curang untuk membuat nugget, salah satunya mengganti daging segar dengan daging busuk atau daging tiren.
Untuk menghindari sekaligus mengantisipasi kecurangan tersebut serta memasyarakatkan nugget yang terjangkau oleh lapisan masyarakat menengah ke bawah, dan sehat atau higienis, maka penulis mencoba membuat nugget daun kersen. Nugget ini sudah pasti terjamin kualitasnya dan juga memiliki harga yang terjangkau. Selain itu bahan dari nugget ini cukup mudah untuk didapat. Justru sering bahan tersebut dibuang begitu saja. Dengan penelitian ini, daun dari tumbuhan tidak lagi menjadi limbah. Biasanya sayuran memang tidak disukai oleh sebagian besar masyarakat, terutama oleh anak-anak. Tetapi jika sayuran ini diubah menjadi makanan dalam bentuk lain, contohnya adalah nugget, pasti anak-anak tersebut menjadi tidak malas lagi untuk memakan sayur. Yang terjadi dengan adanya hal ini anak-anak akan tertarik untuk mengkonsumsinya. Para ibu mereka jadi sudah tidak khawatir lagi dengan gizi yang dikonsumsi oleh anak-anak mereka. Apalagi nugget daun kersen ini mengandung zat-zat yang dapat mecegah tubuh dari berbagai penyakit.
Selain sebagai bahan alternatif yang dapat menggantikan daging yang harganya mahal, daun kersen ini memilki manfaat kesehatan yang begitu banyak. Karena daun ini mengandung zat-zat yang dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah zat antitumor, zat antiradang, zat antioksidan, dll. Daun kersen selama ini jika dikonsumsi dengan sederhana, rasanya menjadi hambar dan tidak disukai sebagian masyarakat. Nugget daun kersen ini menjadi solusi yang tepat bagi banyak orang.
B.   Rumusan Masalah
1.    Adakah manfaat daun kersen bagi kesehatan ?
2.    Bagaimana mengolah daun kersen menjadi nugget agar menjadi makanan kesehatan ?
3.    Bagaimana prospek usaha nugget daun kersen ?
C.  Tujuan Penelitian
1.    Menemukan manfaat daun kersen bagi kesehatan.
2.    Mendeskripsikan pengolahan daun kersen menjadi nugget agar dapat menjadi makanan kesehatan.
3.    Menganalisis prospek usaha dari nugget daun kersen.
D.  Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang dapat diambil penyusunan karya tulis, antara lain: Bagi para pemuda, dengan adanya penelitian ini dapat ditemukannya produk-produk inovasi baru. Sehingga para pemuda dapat terinpirasi atas penelitian ini. Dan akhirnya pemuda ini terdorong untuk dapat menciptakan suatu inovasi baru yang bermutu dan berkualitas. Bagi masyarakat, dapat dijadikan alternatif pilihan makanan sehat yang mudah memproduksinya sekaligus murah dan terjangkau bagi semua kalangan konsumen. Bagi  produsen atau perusahaan, antar pengusaha dapat saling berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk baru yang tentunya aman dan terbebas dari zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia agar hasil produksinya dapat diterima dan menjadi pilihan utama konsumen.













BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.   Tanaman Kersen
Kersen adalah sejenis pohon sekaligus pohonnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Tanaman kersen dapat tumbuh tinggi smpai 12 m, tapi pada umumnya hanya sekitar 3-6 m saja. Tanaman ini merupakan tanaman hijau abadi, terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Tanaman kersen ini memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut :
Kerajaan       : Plantae
Divisi            : Magnoliophyta
Kelas            : Magnoliopsida
Ordo            : Malvales
Famili           : Muntingiaceae
Genus           : Muntingia L.      
Spesies         : Muntingia calabura
Kersen memiliki cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya, membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar, demikian pula daunnya. Daun-daun terletak mendatar, berseling, helaian daun tidak simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi dan berujung runcing. Sisi bawah berambut kelabu rapat, bertangkai pendek. Daun penumpu yang sebelah meruncing bentuk benang. Kersen berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.  (id.wikipedia.org/wiki/kersen.com)
  Kersen merupakan salah satu jenis phon pinggi jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering. Kersentumbuh sendiri di pekarangan dan sepanjang halaman mukan rumah, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh. Kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Kersen dapat tumbuh baik pada ketinggian sampai 1000 m dpl. Di Asia Tenggara, kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering seperti di Jawa bagian timur. Kersen tumbuh sendiri di pekarangan yang terinjak-injak dan sepanjang halaman muka toko, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh. Jenis ini menyenangi pH 5,5-6,5; toleransinya terhadap garam jelek sekali (http://yacobsemesta.blogspot.com/2009/05/caea-tips-budidaya-kersen).
 Tanaman Kersen di Indonesia memang belum banyak dimanfaatkan sebagai produk pangan olahan. Akan tetapi, di luar negeri, Kersen sudah banyak dikonsumsi dalam bentuk olahan. Misalnya di Srilangka Kersen diolah menjadi selai dan diawetkan sebagai kismis buah.Melihat dari berbagai potenasi buah kersen di Indonesia, beberapa produsen memiliki ide untuk memanfaatkan buah Kersen untuk dijadikan komoditi local. Beberapa produk yang dapat diolah dari tanaman kersen antara lain: Selai Kersen, Kismis Kersen, Sirup Kersen, Permen Jelly Kersen, Dodol Kersen, dan lain-lain(purwantaputramadya.blogspot.com/2011/04/pemanfaatan-tanaman-kersen-sebagai_02.html). Tapi pemanfaatan tanaman kersen tersebut biasanya hanya buahnya saja yang dimanfaatkan.
 Daun kersen mempunyai manfaat untuk kesehatan, antara lain sebagai antitumor, karena mengandung senyawa tanin, flavonoids, dan saponin. Rebusan daun kersen menjadi antiseptik dan antiflamasi atau antiradang. Penggunaan daun kersen untuk menurunkan kadar gula penderita diabetes sudah dilakukan sejak lama. Beberapa ilmuwan yang meneliti daun kersen mengetahui, daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. Daun kersen juga berkhasiat melindungi fungsi otot jantung. Sebuah penelitian membuktikan kerja aktif kandungan daun kersen dalam melindungi fungsi otot jantung. Minum rebusan daun kersen baik untuk melindungi fungsi jantung dan kemungkinan kerusakan akibat racun yang masuk ke dalam tubuh. Meski beberapa penelitian sudah menyebut demikian, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan dosis dan aturan pakai daun kersen untuk melindungi selaput membran otot jantung (http://www.tabloidcempaka.com/index.php/read/kesehatan/detail/198/Manfaat-Berbeda-dari-Buah-dan-Daun-Kersen).
B.   Nugget
Nugget adalah salah satu jenis makanan beku yang kini banyak dicari oleh masyarakat. Selain rasanya yang gurih dan sesuai selera namun penyajiannya juga tidak memerlukan waktu lama. Bentuk nugget biasanya pipih, bulat, kotak atau memanjang pendek. Bisa juga dibentuk menyerupai huruf atau binatang untuk menarik perhatian konsumen, khususnya adalah anak-anak.
Nugget ayam diciptakan pada tahun 1950 oleh robert c. Baker seorang profesor ilmu pangan di cornell univercity dan di terbitkan sebagai karya akademis unpantented. Inovasi Dr baker itu untuk ayam McNuggets pertama kali dibuat pada komisi McDonald dengan tyson foods pada tahun 1979 dan produk ini dijual pada tahun 1980. Beberapa restoran fast foods juga meluncurkan alternatif nugget sayuran (www.deponugget.com/tags.php?tag=sejarah-nugget).
Nugget merupakan produk yang sedang berkembang dan banyak diminati semua lapisan, dari mulai anak-anak hingga manusia lanjut usia (manula). Nugget yang banyak beredar yaitu produk yang berbahan baku danging ayam dan dicampur tepung terigu/tepung roti dan susu. Kini bahan baku pembuatan nugget semakin tinggi yang membuat harga nugget juga ikut tinggi.
Bahan baku utama dalam pembuatan nugget adalah bagian dada dan paha ayam. Semuanya tanpa kulit dan tulang dan selanjutnya akan memasuki tahap penggilingan. Bahan pencampur lainnya yang diperlukan adalah minyak nabati untuk menggoreng nugget sampai matang, fosfat digunakan untuk meningkatkan emulsi dan daya ikat air dari daging itu, air es yang digunakan untuk melarutkan campuran agar lembut dan kalis serta bahan pelapis terdiri dari batter dan tepung roti.Penambahan bumbu untuk menambah citarasa nugget seringkali berbeda-beda tergantung produsen yang membuatanya namun secara umum bumbu yang dicampurkan adalah garam dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang biasa dicampurkan terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, lada dan flavor ayam.(Rahayu, Liswidyanti, 2011, 45-48).

Beberapa tahun belakangan ini, telah dikenal salah satu jenis makanan olahan siap beli yang disebut “nugget”. karena praktis dan citarasanya pun lezat maka segeralah nugget menjadi favorit anak-anak dan para ibu rumah tangga. Dipasaran pun begitu banyak produsen yang memproduksi nugget dalam berbagai variasi, diantaranya adalah :


1.    Pizza chiken nugget
2.    Chiken steak nugget
3.    BBQ chiken nugget
4.    Garlic & ginger chiken nugget
5.    Teriyaki fish nugget
6.    Vegetable chiken nugget
7.    Sesame shriimp nugget
8.    Hot chiken nugget
9.    Teriyaki chiken nugget
10. Original chiken nugget
11. BBQ beef nugget
12. Cheese chiken nugget
13. Pizza beef nugget
14. Fillet chiken katsu
15. Seafood nugget
16. Prawn sesame nugget
17. Chiken coriander nugget


(Adam, Dewi, 2003, 3-5).


C.   Makanan Sehat
Pangan merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kehidupan setiap insan baik secara fisiologis, psikologis, sosial maupun antropologis. Biasanya pangan selalu terkait dengan upaya manusia mempertahankan hidupnya. Makanan yang sehat adalah makanan yang sudah mencukupi kebutuhan gizi secara merata.  Jadi dalam hal ini, diperlukan perbaikan gizi yang menekankan pentingnya konsumsi pangan rakyat dan jumlah dan mutu gizi yang cukup dan seimbang yang nantinya akan berdampak pada peningkatan status gizi masyarakat (Wirakartakusumah, 2001, 1)
Suatu kelompok makanan dapat dikatakan sebagai makanan sehat jika makanan tersebut sudah mencukupi gizi yang seimbang. Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktifitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal. Jika sesorang mengalami kekurangan gizi, yang terjadi akibat asupan gizi yang melebihi kebutuhan, serta pola makan yang padat energi maka ia akan beresiko terkena berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tingggi, penyakit jantung dan sebagainya, karena itu, pedoman gizi seimbang disusun berdasarkan kebutuhan yang berbeda pada setiap golongan usia, status kesehatan dan aktivitas fisik.
Menurut Words Health Organitation (WHO) tahun 1945 mmengungkapkan bahwa “ Health is state of complete physical, mental and social well being and not merely the absence of desease and infimiti”. Yang artinya adalah “kesehatan adalah hal yang harus dilengkapi oleh badan, pikiran dan sosial baik berwujud and tidak semata-mata ketiadaan dari kelemahan”. Tujuan utama pelayanan kesehatan adalah tercapainya kenaikan pertumbuhan yang memadai, bukan sekedar mencegah kekurangan gizi saja. Jadi makanan sehat untuk kelangsungan hidup ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan angka harapan hidup manusia (Subarni, Maryani, 1994, 10)
D.  Penyakit Degeneratif
 Penyakit degeneratif adalah penyakit akibat penurunan fungsi organ / alat tubuh. Tubuh mengalami defisiensi produksi enzim & hormon, imunodefisiensi, peroksida lipid, kerusakan sel ( DNA ), pembuluh darah, jaringan protein & kulit ( ketuaan ) (www.rsudkudus.com/gizidanpenyakit/penyakitdegeneratif). Penyakit ini adalah penyakit non infeksi yang disebabkan oleh menurunnya fungsi sel, jaringan dan organ sejalan dengan bertambahnya usia manusia. Kini penyakit ini sudah menyerang manusia pada usia 40 tahunan. Bahkan bisa jadi pada usia di bawah 40 tahun sudah terkena penyakit ini. Padahal dulu penyakit ini mulai penyerang manusia pada usia 60 tahunan.  Salah satu penyebab penyakit ini adalah pola makan yang tidak seimbang. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif. Berikut sajian tentang mengenal penyakit degeneratif sebagai pengetahuan awal. Semoga bermanfaa (Urinsantoso,wordpress.com/2012/12/08).
Di bawah ini adalah penyakit yang termasuk penyakit degeneratif, di antaranya adalah :
1. Tekanan darah tinggi ( Hipertensi )
 penyakit yang terjadi bila darah memberikan gaya yang lebih tinggi dibandingkan kondisi normal secara persisten pada sistem sirkulasi. Tekanan darah tinggi / hipertensi secara umum didefinisikan sebagai tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg. Penyakit ini dapat menyerang pada siapa saja. Tetapi sering terjadi pada penyandang diabetes / penyakit ginjal, ibu hamil, dan sangat sering terjadi pada orang berusia 60 tahun keatas, karena tekanan darahnya secara alami cenderung meningkat secara alami seiringnya bertambahnya usia. Secara 20%-40% variasi tekanan darah diantara individu disebabkan oleh faktor genetik. (Palmer dan William, 2007, 10/32).
2. Stroke
Penyakit kematian kedua di dunia dengan angka lebih dari 5,1 juta kematian tiap tahunnya. Stroke terjadi apabila pembuluh darah di otak pecah atau tersumbat. Gejala-gejalanya dapat berlangsung lebih dari 24 jam. Riwayat stroke biasanya terjadi pada orang tua (baik ayah maupun ibu) yang akan meningakatkan risiko stroke. Peningkatan risiko stroke ini dapat diperantai melalui beberapa mekanisme, yaitu : penurunan genetis terhadap faktor risiko stroke, penurunan kepekaan terhadap risiko stroke, pengaruh lingkungan pada pola hidup dan paparan lingkungan dan interaksi antara faktor genetik dan lingkungan. (Elsani, Salma, 2009, 42).
3. Diabetes Mellitus
Kata Diabetes Melitus berasal dari bahasa Yunani. Diabetes berarti pancuran/aliran, dan Mellitus berarti madu/manis. Oleh karena itu, diabetes mellitus diartikan sebagai penyakit yang ditandai oleh keluarnya / mengalirnya suatu cairan yang berasa manis dari dalam tubuh. Penderita diabetes melitus akan mengeluarkan air seni ( urine ) yang mengandung kadar gula tinggi. Salah satu tanda orang menderita diabetes melitus ini adalah banyak minum tetapi juga banyak mengeluarkan air seni terutama pada malam har. (Widarto, 2007, 7). Penyakit ini adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein (id.wikipedia.org/wiki/diabetes_melitus).


BAB III
METODE PENELITIAN
A.     Sasaran Penelitian
Sasaran dalam karya tulis ini adalah daun kersen yang akan dibuat inovasi baru makanan kesehatan yang berkualitas.
B.    Sumber Data
Data yang diperoleh dari buku literatur, data yang berada di web yang berkaitan dengan tema dan tanaman kersen.
C.   Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan meliputi :
1.    Studi pustaka
Penulis membaca buku-buku atau media cetak lain yang ada korelasinya dengan tema yang dibahas.
2.    Ekperimen
Yaitu uji coba pembuatan nugget daun kersen.
D.    Teknik Analisis Data
Teknik analisis data menggunakan teknik induktif, artinya data yang diperoleh berasal dari data-data khusus kemudian diambil kesimpulan secara umum dan juga kesimpulan dari eksperimen yang penulis lakukan. Data yang diperoleh dikelompokkan dan disusun dengan sumber data yang diperoleh.





BAB IV
PEMBAHASAN
A.  Manfaat Daun Kersen Bagi Kehidupan
Tanaman kersen sering dijumpai di setiap daerah terutama tepi jalan. Tumbuhan ini yang paling sering digunakan adalah bagian buah dan daun untuk bagian lain seperti halnya tanaman biasa. Untuk buah secara umum telah dikenal masyarakat sebagai obat asam urat.
Berikut ini adalah pemanfaatan tanaman  kersen dalam kehidupan secara umum. Diantaranya adalah :
No.
Bagian tumbuhan
Manfaat/kegunaan

1.
Buah kersen
Biasanya diolah menjadi berbagai olahan, karena bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat dan juga memiliki rasa manis yang mudah diolah menjadi berbagai olahan.

2.
Daun kersen
Sering digunakan sebagai tempat peneduh, dan biasanya hanya diolah menjadi teh sederhana dengan cara direbus saja, karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

3.
Kayu kersen
 Memiliki tekstur yang lunak dan mudah kering, yang biasanya digunakan sebagai kayu bakar.

4.
Kulit kayu kersen
Mudah untuk dikupas, biasanya digunakan untuk bahan tali sederhana, selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan kain pembalut.

Tanaman kersen sebagian besar didominasi oleh daunnya, dan untuk mendapatkannya jauh lebih mudah serta tidak memerlukan biaya. Sebab daun kersen ini merupakan barang ekonomi bebas. Dan pertumbuhannya pun dalam jangka waktu yang cukup pendek, sehingga tidak mengurangi populasi tanaman kersen di muka bumi ini.
Tanaman kersen yang terkadang sering dianggap dengan “tanaman rendahan” memilki kandungan yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah daunnya. Daun kersen biasanya dipandang sebelah mata, sebagian besar masyarakat tidak mengetahui manfaat di balik daun dari tanaman pinggir jalan ini. Masyarakat menggunakan tanaman kersen hanya sebagai pohon peneduh, tidak lebih. Daun kersen mempunyai warna hijau, baik hijau tua maupun hijau muda. Sedikit bulu-bulu halus yang menyelimuti permukaan daun ini. Dibaliik itu semua daun kersen mempunyai kandungan dan manfaat yang tidak kalah dengan sayuran pada umumnya.
Berikut ini adalah manfaat  daun kersen bagi kesehatan tubuh manusia :
1.    Antiseptik
Rebusan daun kersen (ceri) ini ternyata mempunyai khasiat yang dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sebagai berikut : C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
2.    Antiinflamasi
Rebusan daun Kersen (Ceri) juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas. Tetapi dalam hal ini, antiinflamasi di sini adalah obat yang dapat mengurangi gejala terjadinya radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme(noninfeksi) melainkan dikarenakan oleh infeksi yang terjadi pada bagian yang sudah terkena radang. Biasanya anti inflamasi ini terdapat pada obat-obatan kimia, oleh karena itu daun kersen ini merupakan obat alternatif yang tentunya jauh lebih dari aman.
3.    Antitumor
Daun kersen (ceri) juga mempunyai efek anti tumor, kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen (ceri) ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratories. Jadi bagi penderita tumor jika secara rutin mengkonsumsi daun kersen, lebih kurangnya akan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang sebelumnya, sel kanker tersebut seiring bertambahnya waktu akan terus berkembang dan tentunya semakin membahayakan bagi Si Penderita.
4.    Antidiabetes
Daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. Senyawa golongan flavonoid dapat bekerja sebagai antioksidan, sehingga dapat menyekresi hormon insulin yang diperlukan untuk metabolisme gula.
Selain mempunyai manfaat di bidang kesehatan, jika daun kersen ini diolah menjadi olahan yang menarik, tentunya daun kersen ini akan menjadi bahan yang memiliki nilai jual, memiliki keuntungan besar jika olahannya dijadikan sebagai prospek usaha. Hal ini, dikarenakan daun kersen ini merupakan barang bebas yang jumlahnya cukup banyak. Jadi, untuk mendapatkan daun kersen ini cukuplah mudah dan tidak memerlukan biaya seperserpun. Pemanfaatan daun kersen sebagai produk usaha memang belum pernah ada sebelumnya, dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang hal tersebut di masyarakat umum. Banyak yang menganggap daun kersen adalah bahan makanan yang berbahaya jika dimakan. Padahal, malah sebaliknya, daun kersen adalah bahan makanan yang aman untuk dimakan sekaligus juga mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
B.   Pengolahan Daun Kersen Menjadi Nugget
Selama ini daun kersen tidak pernah diolah menjadi produk makanan yang menarik. Biasanya daun kersen ini hanya dibuat sebagai teh saja, tidak lebih. Hal tersebut dikarenakan tekstur dan rasa daun kersen yang tidak begitu enak. Untuk menanggapi masalah tersebut, penulis melakukan percobaan / eksperimen dengan mengolah daun kersen menjadi makanan yang banyak disukai oleh masyarakat yaitu nugget daun kersen yang berjual jual dan tentunya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Cara pengolahan produk nugget ini cukup mudah dan bahannya pun cukup terjangkau. Berikut ini cara pengolahan beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan nugget daun kersen.
1.    Bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan nugget daun kersen adalah sebagai berikut: 5 butir telur ayam, 100 gram daun kersen, 75 gram tepung terigu, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, ½ sendok teh merica, 2 ½ sendok teh garam, 1 sendok teh gula, tepung panir secukupnya.
2.    Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan nugget daun kersen adalah sebagai berikut: Cobek, pisau, panci, 4 buah piring, alat untuk mengukus, oven, loyang.
3.    Proses dalam pembuatan nugget daun kersen
Pertama cuci bersih daun kersen yang sudah dipetik, kemudian rebus daun tersebut sampai matang. Ketika air mendidih, tambahkan garam secukupnya untuk menetralkan daun kersen agar menghilangkan rasa gatal pada daun kersen. Kemudian tiriskan daun yang sudah direbus tadi, kemudian potong-potong halus daun tersebut.
Haluskan bahan-bahan yang diantaranya adalah 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, garam, gula dan merica. Kemudian kocok lepas 3 butir telur sampai berbuih. Penambahan telur ini,  selain berguna untuk mengenyalkan nugget tersebut, juga dapat berguna untuk penambahan protein pada nugget daun kersen agar tercipta makanan bergizi dan seimbang.
Langkah selanjutnya campurkan daun kersen, tepung terigu, dan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan kedalam kocokan telur. Tambahkan garam secukupnya hingga adonan tadi mempunyai rasa sedap yang sesuai selera masing-masing. Siapkan loyang yang telah dilapisi daun pisang. Hal ini bertujuan agar adonan tidak menempel pada loyang. Setelah itu masukkan adonan tersebut kedalam loyang tadi. Dan kukus hingga matang. Setelah matang tunggu hingga sedikit mendingin. Potong-potong sesuai selera yang diinginkan.
Kocok 2 butir telur ayam yang akan digunakan sebagai bahan pelapis/pencelup. Kemudian masukkan potongan tadi kedalam kocokan telur, dan kemudian lapisi dengan tepung panir(tepung roti) hingga merata. Setelah itu ulangi pelapisan nugget tersebut 1 kali lagi. Simpan dalam frezer minimal selama 1 hari, agar nugget yang siap dimakan nantinya akan bertekstur lembut.
Setelah itu, goreng nugget yang sudah didinginkan, tetapi dalam hal ini lebih baik disarankan nugget diolah dengan cara dioven. Hal in bertujuan menghindari minyak jahat yang berada pada minyak goreng. Minyak goreng mengandung lemak jahat yang dapat mengakibatkan kolesterol. Dengan cara di pengobatan penyakit degeneratif akan lebih efektif penyembuhannya.

Setelah melakukan percobaan kurang lebihnya selama 3 kali. Akhirnya penulis dapat membuat nugget daun kersen yang sehat, bergizi dan dapat dijadikan alternative pengobatan penyakit degeneratif.
C.   Nugget Daun Kersen Menjadi Makanan Sehat dan Obat Penyakit Degeneratif
Akhir-akhir ini banyak anak yang sudah mengenal nugget, dan nugget merupakan salah satu makanan favorit mereka. Nugget yang sering dijual dipasaran adalah nugget ayam produksi olahan siap saji dan menjadi pilihan para orang tua karena alasan lebih praktis (tinggal menggoreng). Akan tetapi di balik itu, masyarakat tidak mengetahui bahaya mengonsumsi nugget tersebut secara terus-menerus. Karena gizi yang kurang dari nugget ayam tersebut dan pengolahannya yang menggunakan minyak goreng yang termasuk lemak jahat, bahkan terkadang, banyak nugget yang menggunakan bahan pengawet berbahaya. Dengan adanya nugget daun kersen ini semua masalah yang berada pada nugget ayam pada umumnya di pasaran dapat diminimalisasi. Oleh karena itu, nugget daun kersen merupakan salah satu makanan sehat yang berkualitas. Berikut ini adalah alasan nugget daun kersen dapat menjadi makanan sehat :
1.    Terbuat dari bahan-bahan alami yang cukup aman.Tidak ada bahan pengawet yang biasanya ada pada nugget pasaran umumnya
2.    Nugget daun kersen adalah nugget yang mengandung kandungan gizi yang seimbang karena bahan utamanya adalah sayuran
3.    Selain, mengandung kandungan gizi yang baik, nugget daun kersen juga mengandung zat-zat yang dapat mengobati beberapa penyakit
Penyakit penyakit yang dapat diobati dengan daun kersen pun cukup banyak, di antaranya adalah kelompok penyakit degeneratif yang berupa penyakit diabetes mellitus, hipertensi, stroke, kanker dan lain-lain. Penderita penyakit ini biasanya menyembuhkan penyakitnya dengan cara mengonsumsi obat-obatan kimia yang jika dikonsumsi secara terus-menerus akan menimbulkan efek buruk bagi tubuhnya. Selain itu, rasanya pun juga pahit. Inovasi baru nugget daun kersen ini kurang lebih dapat mengobati penyakit-penyakit tersebut. Berikut ini adalah keunggulan nugget daun kersen sebagai obat :
1.    Nugget daun kersen merupakan salah satu obat alami tanpa bahan-bahan kimia
2.    Harga dari obat ini tidak mahal dan terjangkau
3.    Obat nugget daun kersen memiliki rasa yang cukup enak dibandingkan dengan obat-obatan lain
4.    Nugget daun kersen ini memiliki efektivitas yang besar, karena bahan-bahan pelengkapnya tidak menimbulkan efek samping
5.    Kandungan dalam daun kersen sendiri terdapat senyawa positif yang dapat mengurangi risiko kronis berbagai penyakit degeneratif. Contohnya: antiseptik, anti inflamasi, anti tumor, anti diabetes, anti kolestrol, anti hipertensi, dll.
          Dibandingkan dengan nugget ayam yang beredar pada pasaran, nugget daun kersen ini lebih banyak mempunyai kelebihan. Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini adalah perbandingan antara nugget ayam dengan nugget daun kersen :
No.

Nugget ayam biasa
Nugget daun kersen
1.
Ketersediaan bahan
Bahan utamanya adalah ayam yang biasanya diimport pemerintah dari luar negeri.
Bahan utamanya adalah daun kersen yang ketersediaannya melimpah dan cepat dapat diperbarui.
2.
Cara pembuatan
Lebih sulit, karena harus menggilingkan ayam terlebih dahulu.
Lebih mudah, karena bahan utamanya tidak perlu digiling, melainkan hanya dicincang saja sudah cukup
3.
Kandungan gizi
Lebih banyak mengandung lemak jahat yang berasal dari bahan utamannya tersebut yaitu ayam
Mengandung kandungan gizi yang seimbang, karena terdapat sayuran didalamnya yang juga mengandung kandungan gizi yang baik.
4.
Ketahanan
Sekitar 4 bulan, dalam keadaan beku
Sekitar 1 bulan, dalam keadaan beku
5.
Harga
Rp. 20.000
Rp. 15.000 (lebih murah)
6.
Manfaat
Masyarakat hanya menggunakan untuk lauk makanan cepat saji
Selain dapat digunakan sebagai lauk sehari-hari, nugget daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat beberapa penyakit.





D.  Prospek Ekonomi Nugget Daun Kersen
Nugget daun kersen mempunyai kelebihan dibidang ekonomi, diantaranya adalah dalam segi harga, nugget daun kersen lebih murah dibandingkan nugget ayam yang biasanya dijual di pasaran umum. Modal yang dikeluarkan akan mencapai sebagai berikut :
1.    100 gram daun kersen : -
2.    75 gram tepung terigu : Rp. 500
3.    3 siung bawang merah : Rp. 500
4.    2 siung bawang putih   : Rp. 300
5.    75 gram tepung panir   : Rp. 1000
6.    5 butir telur                 : Rp. 5000
+
                                                  Rp. 7300
Pada penjumlahan bahan tersebut didapatkan 18 buah nugget. dalam 18 buah nugget tersebut, biasanya akan dijual untuk satu bungkus pada umumnya. Jika dijual pada pasaran akan mendapatkan keuntungan besar dan para konsumenpun dapat membelinya dengan harga terjangkau. Misalnya satu bungkus nugget daun kersen dijual dengan harga Rp. 15000 maka penghasilan bersih yang didapat adalah Rp. 7700 per bungkus. Nugget daun kersen dapat menjadi solusi usaha baik dalam lingkup kecil maupun besar bagi para produsen.
          Produk nugget daun kersen ini sudah cukup layak untuk diperkenalkan dan diproduksi oleh masyarakat umum. Karena hasil dari eksperimen penulis sudah melalui berbagai proses yang salah satunya adalah hasil wawancara kepada masyarakat. Di antara hasil wawancara atau pendapat mereka, sebagai berikut :
No.
Nama
Tampilan
Rasa
Saran
1.
Bu. Evi
Kurang menarik
Enak
Lebih baik tampilan dari nugget ini diusahakan jangan kelihatan irisan daun kersen yang begitu kasar.
2.
Bu. Sofi
Tidak seperti nugget umumnya
Enak
Sebaiknya pengolahan nugget daun kersen ini, jangan sampai menggunakan minyak goreng, karena itu dapat mengurangi khasiat dari daun kersen tersebut.
3.
Bu.Muffa
Tampilannya biasa
Cukup enak
Secara keseluruhan nugget daun kersen ini cukup baik.

Dari pendapat-pendapat yang telah diberikan dari masyarakat, nugget daun kersen telah dapat disempurnakan menjadi nugget yang lebih berkualitas dan menarik.
          Berdasarkan data diatas, nugget kersen memiliki prospek usaha yang bagus untuk dikembangkan menjadi peluang usaha baru yang disukai oleh masyarakat dengan alasan sebagai berikut :
1.   Nugget daun kersen tidak membutuhkan modal yang cukup besar, dikarenakan untuk memperoleh daun kersen tersebut tidak mengeluarkan biaya, sehingga masyarakat menengah kebawah dapat menjadikannya sebagai usaha.
2.   Nugget adalah olahan yang sangat disukai masyarakat, sehingga nugget daun kersen memiliki tingkat minat konsumen yang tinggi.
3.   Proses pembuatan nugget sangat sederhana
4.   Bahan baku nugget daun kersen cukup mudah untuk ditemukan.


BAB  V
PENUTUP
A.   Simpulan
1.    Manfaat yang terkandung dalam daun kersen meliputi dapat dijadikan sebagai antitumor, antiseptik, antidiabetes, antihipertensi, antiinflamasi.
2.    Pengolahan daun kersen menjadi nugget daun kersen dapat dilakukan dengan mudah. Tetapi, sebelum daun kersen diolah perlu dilakukan perebusan daun tersebut terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan rasa gatal pada daun kesen tersebut.Jika di gunakan sebagai obat penyakit degenerative, maka pengolahannya ditekankan.  dengan cara di ovenNugget daun kersen juga merupakan antisipasi atas jajanan anak-anak yang sering mengandung zat-zat berbahaya.
3.    Produk nugget daun kersen ini dapat menjadi peluang usaha.
B.   Saran
Adanya karya tulis ini, penulis berharap agar pengelolaan tanaman kersen lebih diberdayakan melalui ide-ide masyarakat khususnya bagi kaum muda sebagai generasi bangsa yang bertugas menjunjung tinggi kreativitas  yang salah satunya dengan barang / bahan yang mudah untuk diaplikasikan agar tercipta kemakmuran dan kepuasankarena ketersediaan bahan yang sudah dapat dikelola sendiri. Terlebih lagi menyangkut soal pangan yang setiap harinya tidak bisa lepas dari kebutuhan tiap individu.

Bagi pemerintah, diharapkan dapat membantu perekonomian  masyarakat dengan cara memberi lapangan usaha  yang berupa usaha usaha sederhana tetapi menguntungkan, salah satunya adalah usaha nugget daun kersen.

No comments:

Post a Comment